Seseorang dikatakan sehat jika ia berada dalam kondisi psikologis yang prima maka dari itu kita harus menjaga Gaya Hidup Sehat

Friday, January 7, 2011

RAHASIA HIDUP SEHAT

Hidup sehat merupakan tujuan semua orang. Berbagai upaya dilakukan agar kehidupannya berada pada kondisi prima. Dan, ternyata rahasia hidup sehat tidak terletak pada besarnya penghasilan atau gaji seseorang. Untuk dapat hidup sehat kita tidak perlu menunggu hingga penghasilan kita besar. Gaji kecil saja jika kita benar- benar berniat untuk hidup sehat, maka dapat terpenuhi.

Bagi orang-orang dengan penghasilan yang besar, mungkin dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan sebaik-baiknya. Tetapi perlu kita sadari bahwa tidak semua makanan atau kebutuhan dapat menyehatkan  tubuh kita. Rahasia hidup sehat tidak terletak pada besar kecilnya penghasilan kita. Walau kita berpenghasilan kecil, pada kenyataannta dapat saja menerapkan konsep hidup sehat dan menyehatkan badan.
Dalam kehidupan kita, hal ini seringkali menjadi sebuah kenyataan yang  tidak berbantah lagi. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang berpenghasilan banyak ternyata kehidupannya tidak sehat. Terlalu banyak hal negatif yang mereka konsumsi sehingga pada akhirnya menimbulkan penyakit pada tubuh mereka. Banyak orang kaya yang hidupnya penuh sakit, begitu juga halnya dengan orang miskin yang ternyata jauh lebih sehat dibandingkan para orang kaya tersebut. Hal ini karena masing-masing orang mempunyai rahasia hidup sehat untuk kehidupannya.
Penghasilan Kecil Bukan Berarti Tidak Sehat
Banyak orang dengan penghasilan kecil, pas-pasan tetapi hidup mereka penuh dengan kesehatan. Tidak pernah menderita sakit yang parah atau mengkawatirkan hati. Kalaupun sakit, mereka hanya sakit penyakit khas orang miskin, yaitu masuk angin atau pilek. Tidak pernah sakit berat.
Justru hal ini seharusnya kita jadikan sebagai panutan sebab kenyataannya, orang dengan penghasilan berlebih sering kali mempunyai penyakit yang sangat mengkhawatirkan dalam tubuhnya. Banyak orang- orang kaya yang di dalam tubuhnya mengeram berbagai penyakit. Bahkan, tidak sedikit yang memang telah menderita sakit yang begitu parah.
Untuk hal itulah, maka kita seharusnya mulai berpikir untuk hidup sehat walaupun penghasilan sangat sedikit. Apalagi bagi kita yang berpenghasilan besar seharusnya mulai menerapkan hidup sehat. Hal ini karena kemungkinan terbesar dapat mereka lakukan.
Bagaimana Kita Dapat Hidup Sehat?
Sehat adalah kondisi yang sangat didambakan oleh semua orang. Tidak ada seorang pun yang ingin hidupnya menderita karena sakit. Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan agar dapat mencapai tingkat kesehatan hidup.

Untuk hal tersebut, ada beberapa rahasia hidup sehat yang harus kita terapkan dalam kehidupan kita. Ini merupakan rahasia yang diterapkan oleh banyak orang sehat dan sering dilupakan orang-orang yang selanjutnya terserang penyakit. Rahasia tersebut adalah:
  • Konsumsi makanan sehat

    Makanlah makanan yang sehat dan menyehatkan. Begitu kita selalu mendapatkan nasihat dari para orangtua. Mereka selalu memberikan nasihat pada kita jangan makan sembarangan. Hal ini karena sebenarnya semua jenis penyakit berawal dari perut.

    Jika kita makan secara baik dan jenis makanan yang kita makan sehat, maka tentunya tubuh kita mendapatkan yang terbaik. Dengan makanan yang sehat inilah, maka kita dapat menjaga kesehatan setiap bagian tubuh kita sebaik-baiknya.

    Dari sekian banyak makanan ternyata sangat riskan untuk kesehatan kita, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, misalnya daging kambing, bayam, santan, apalagi jika makanan tersebut harus ditambahani dengan zat kimia untuk  melezatkannya.

  • Makanlah saat lapar, berhentilah sebelum kenyang

    Hal paling utama yang menyebabkan kita makan adalah rasa lapar. Jika perut kita lapar, maka pada saat itulah kita perlu mengisinya. Hal ini untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan makan saat lapar, maka kita tidak membiasakan perut, lambung kosong sehingga kita terhindar dari penyakit, misal penyakit maag.

    Sementara itu, kita harus berhenti makan sebelum kita kenyang, apalagi kekenyangan. Jangan sampai kita makan hingga kekenyangan. Jika hal tersebut terjadi pada perut, lambung kita, maka lambung kita akan terasa sakit sebab harus bekerja ekstra untuk mengolah makanan yang lebih dari jatah kemampuannya. Tentunya hal ini menyebabkan lambung mudah sakit karena terlalu besar beban yang harus dikerjakan.

  • Olahraga yang rutin

    Olahraga yang rutin merupakan salah satu rahasia hidup sehat. Banyak orang yang melakukan  kegiatan olahraga dan mendapatkan kesehatan tubuh. Mereka secara rutin berolahraga, walaupun jenis olah raga yang dilakukan sederhana sekali.

    Olahraga yang kita maksudkan  adalah olahraga sehat dan bukan olahraga prestasi sehingga praktis semua orang dapat melakukannya. Misalnya senam pagi atau lari pagi setiap selesai melaksanakan sholat subuh. Atau sekedar berkendara sepeda pancal mengelilingi kampung atau gang rumah. Olahraga kecil ini  sangat penting

    Sebenarnya, rahasia hidup sehat bukanlah sesuatu yang benar-benar rahasia sebab semua orang dapat melakukannya. Jika semua orang mau melakukan kegiatan-kegiatan sederhana ini, maka kesehatan akan menjadi upah bagi kehidupan panjang mereka.

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More