Seseorang dikatakan sehat jika ia berada dalam kondisi psikologis yang prima maka dari itu kita harus menjaga Gaya Hidup Sehat

Friday, October 15, 2010

Konsep Keseimbangan Hidup Cerdas

Seringkali kita membayangkan bahwa kita ingin hidup lebih lama lagi, sampai merasakan kehadiran generasi kita berikutnya. Kita ingin menyaksikan anak-cucu, mungkin cicit kita lahir. Menyaksikan perubahan yang terjadi di dunia sekeliling kita, menyaksikan keberhasilan keturunan kita menaklukan kerasnya kehidupan menjadi orang-orang yang berhasil secara fisik, mental maupun material, pokoknya kalau bisa ingin hidup seribu tahun lagi.....(seperti puisinya Chairil Anwar).

Usia harapan hidup menggambarkan kemungkinan kita hidup dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani, mental maupun fisik. Tetapi angka usia harapan hidup itu menjadi tidak bermakna ketika kita masih hidup namun tidak dalam keadaan sehat, kita akan menjadi beban bagi generasi kita selanjutnya.

Pertanyaannya sekarang, apakah yang harus kita lakukan agar kita dapat tetap sehat sampai tua nanti ? benar sekali apa ada dalam pikiran Anda, yaitu keseimbangan hidup.

Keseimbangan hidup dapat kita mulai dengan mengatur kembali gaya hidup kita yang sudah kita jalani selama ini, mulai saja dengan yang sederhana, dan mulai lakukan sekarang, jangan tunda lagi.

berikut ini adalah konsep sederhana tentang keseimbangan gaya hidup yang disingkat NEW START, yaitu :

N = Nutrition, gizi. Asupan gizi seimbang yang kita peroleh dari makanan akan menentukan tingkat kesehatan kita secara keseluruhan. Keseimbangan gizi dalam makanan harus dipertimbangkan sedemikian rupa komposisinya, sehingga dalam makanan kita terkandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral, Enzim, Serat dan Air yang cukup untuk metabolisme sel. Kelebihan atau kekurangan zat gizi dalam makanan kita akan berpengaruh pada kesehatan kita, cepat ataupun lambat. Banyak penyakit timbul yang disebabkan karena ketidak seimbangan nutrisi ini, memang sulit sekali kita menghindar dari makanan yang mengandung zat tambahan berbahaya dan yang tidak berguna, misalnya zat penyedap rasa, pewarna atau pemanis buatan, tetapi kalau kita mau, masih banyak makanan sehat yang dapat kita konsumsi di sekitar kita.

E = Excercise, olah raga. Hampir setiap orang yang saya tanya tentang perlunya menjaga kesehatan dengan berolah raga setuju bahwa olah raga merupakan salah satu cara kita untuk tetap hidup sehat, tetapi manakala saya tanyakan siapa yang secara teratur melakukan olah raga seimbang paling tidak 2 kali dalam seminggu, hampir bisa dipastikan jumlahnya lebih sedikit dari pada yang menjawab pertanyaan awal tadi. Olah raga teratur, terukur dan seimbang diperlukan untuk membantu metabolisme di tingkat sel, membantu merubah karbohidrat & lemak menjadi energi.

W = Water, air. Lebih dari 70 % tubuh kita terdiri dari air. Air merupakan unsur utama tubuh manusia, banyak zat yang masuk ke dalam tubuh kita harus larut dalam air sebelum akhirnya digunakan dan disimpan dalam sel. Kebutuhan kita akan air begitu besar, dan bagi kita air yang digunakan untuk minum, masak, mandi dll tentunya harus memenuhi standar mutu air, yaitu antara lain kadar oksigen yang cukup banyak terkandung di dalamnya. Makin banyak oksigen terkandung dalam air, maka air akan terasa makin segar. Air juga harus bebas dari polusi (kimiawi, mikrobiologis maupun fisika), baik warna, bau maupun rasa. Anjuran hidup sehat adalah sebaiknya kita meminum air paling tidak sekitar 8 gelas (@250 ml) per hari, agar tubuh kita tidak kekurangan cairan (dehidrasi) dan agar suhu tubuh kita tetap seimbang. Jadi jangan sepelekan air yang kita konsumsi.

S = Sun Shine, Sinar matahari. konsep hidup sehat berikutnya adalah sedapat mungkin kita terpapar sinar matahari pagi dengan jumlah yang cukup. Berdasarkan penelitian para ahli, sinar matahari pagi banyak mengandung zat yang yang berguna sebagai katalis perubahan provitamin menjadi vitamin yang berguna untuk pertumbuhan sel, misalnya pro vitamin D menjadi vitamin D yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Sinar Matahari pagi juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi hiperbilirubinemia pada neonatus (bayi baru lahir), dimana pada minggu-minggu pertama sejak kelahiran bayi akan nampak kuning, maka dokter atau bidan akan menyarankan untuk menjemur bayi tersebut sekitar 1 jam setiap pagi, sebab jika hiperbilirubinemia sudah memasuki tahap lanjut, maka dapat menyebabkan kecacatan mental anak sebagai akibat dari terikatnya bilirubin pada sel otak bayi. Jadi marilah kita berjemur di pagi hari, jangan takut kena kanker kulit jika kita berjemur di pagi hari sambil berolah raga.

T = Temper, kemarahan, emosi. Pengendalian keseimbangan emosi sangat diperlukan untuk menajaga kesehatan. Lebih dari 80 % penyakit timbul akibat dari ketidak seimbangan emosi, hal ini sering disebut dengan penyakit psikosomatik, yaitu penyakit-penyakit fisik (soma) yang dimulia akibat ketidak seimbangan psikis (kejiwaan). Pengendalian keseimbangan emosi ini dapat dilakukan dengan pendekatan rekreatif (memanjakan diri kita untuk bersantai sejenak, relaks) misalnya dengan melakukan kegiatan yang merupakan hobi kita, atau yang paling ampuh adalah dengan pendekatan spiritual.

A = Air, Udara. Sel-sel dalam tubuh kita sangat memerlukan udara segar, udara yang kaya akan oksigen. Tetapi masalahnya adalah, kini udara segar disekitar kita semakin susah saja didapat karena banyaknya polusi udara di sekitar kita yang diakibatkan oleh asap industri, kendaraan bermotor sampai asap rokok. kekurangan oksigen dalam udara yang kita hirup akan menyebabkan sel kita mengalami hipoksia (kondisi dimana sel kekurangan oksigen untuk melakukan fungsi fisiologisnya secara normal), dan akibat jangka panjangnya akan terjadi degenartif sel, selanjutnya sel akan mengalami mutasi. Inilah salah satu penyebab terjadinya kanker.

R = Recreation, Relax, Refreshing, santai. Kegiatan rekreasi adalah kegiatan yang perlu mendapat porsi seimbang juga untuk menjaga kesehatan kita, terutama kesehatan mental. Sebab kelelahan fisik yang berlebihan akan mengakibatkan kelelahan mental, dan jika kelelahan mental terjadi, maka akan menyebabkan terganggunya kesehatan fisik juga, jadi keduanya saling berhubungan dan saling ketergantungan. Lakukan rekreasi bersama orang-orang terkasih anda sekarang juga, jika Anda mencintai tubuh Anda dan mereka.

T = Trust in GOD, Percayalah HANYA Kepada TUHAN. Dari semua konsep keseimbangan yang telah dipaparkan di atas, poin ini amat sangat penting keberadaannya, sebab tanpa ini, semua menjadi tidak berarti apapun. Apapun agama Anda, percayalah hanya padaNYA, yang menciptakan langit dan Bumi, yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana, Yang Maha Pemurah dan Penyanyang, Yang Maha Esa, Yang Awal dan Yang Akhir. Kongkritnya, bersyukurlah atas segala karunia yang telah diberikan kepada kita, jangan selalu mengeluh, jangan bersedih dan jangan merasa rendah diri, sebab segala sesuatu yang terjadi pasti sudah direncanakan olehNya. Bersyukurlah, maka Anda akan diberiNya lebih banyak nikmat.

By : raja11

No comments:

Post a Comment