Seseorang dikatakan sehat jika ia berada dalam kondisi psikologis yang prima maka dari itu kita harus menjaga Gaya Hidup Sehat

Monday, October 18, 2010

Tips Sederhana Agar Mata Tetap Sehat

Mata merupakan organ yang sangat vital dalam semua aktivitas keseharian. Karena itu, ada baiknya menjaga kesehatan mata. Bagaimana caranya? Tentunya Anda sudah sering mendengar anjuran menambah konsumsi wortel yang kaya vitamin A.
Untuk membantu menjaga jendela jiwa Anda, berikut beberapa tips sederhana lain yang bisa menjadi panduan Anda.

1.   Cucilah Mata dengan air bersih & Steril
Cucilah mata atau muka dengan air bersih dan steril. Pastikan air yang digunakan tidak mengandung bahan/zat kimia yang berbahaya bagi mata. Misalnya sabun yang mengadung kostik soda berlebihan, menyebabkan mata jadi perih.

2.   Jangan menonton televisi terlalu lama dan dekat
Bagi pencandu acara televisi, sudah pasti sering di depan televisi. Sebaiknya posisi televisi sejajar dengan mata kita. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi pengaruh cahaya yang keluar dari tabung televisi yang amat kuat. Penerangan juga perlu diperhatikan. lampu harus cukup terang dan terletak di atas ruangan bukan di belakang televisi. Ambillah jarak yang tidak terlalu dekat dalam menonton televisi.

3.   Jangan terlalu lama bekerja di depan komputer
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat di depan layar televisi atau monitor komputer adalah sbb:
Bagi anda yang bekerja menggunakan komputer, biasakan mengatur waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar komputer dalam jarak yang sangat dekat. Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu lama mengakibatkan mata tegang dan kering. Selain itu, sering berkedip juga disarankan untuk menghindari mata kering.

Jika ada gangguan penglihatan saat menggunakan komputer, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli mata.

Jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.

Pastikan monitor yang anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan  dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya menggunakan monitor LCD karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor lain.

Gunakan screen filter di monitor komputer untuk mengurangi pancaran radiasi.

Jika mengalami gangguan penglihatan, baik rabun jauh atau dekat, gunakan kacamata untuk memastikan bahwa bayangan tepat jatuh di retina.

4.   Membaca buku
Jarak yang aman membaca buku adalah + 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang.

Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran.

Penerangan juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

5.   Hindari debu atau polusi
Bagi yang sering beraktivitas di jalan raya seperti polisi, supir angkot, kurir,  dan lain sebagainya, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata terinfeksi.

6.   Makan makanan bergizi, berserat dan bervitamin A
Mata butuh zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup.  Kita dapat mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.
7.   Pastikan memeriksakan mata paling tidak 2 tahun sekali. Sedang anak-anak dan lansia sebaiknya melakukan pemeriksaan setiap tahun. Deteksi dini gangguan penglihatan tentunya akan mempermudah pengobatan.

8.   Membaca dan bekerjalah di bawah penerangan cahaya yang baik. Untuk menghindari cahaya silau dan bayangan, pastikan kalau cahaya jatuh melalui bahu.

9.   Istirahatkan mata paling tidak setiap 30 menit sekali saat Anda membaca, menjahit, menggunakan komputer dan sejenisnya, atau saat melihat ke atas dan fokus  pada objek yang jauh.

10. Pastikan kalau layar komputer dan televisi Anda sangat fokus.

11. Gunakan kacamata pelindung setiap kali Anda menggunakan zat-zat kimia, mengerjakan hal yang berkaitan dengan kayu, atau saat menjalankan alat-alat yang  digerakkan oleh tenaga listrik.

12. Pakailah kacamata pelindung olahraga yang tahan banting saat melakukan jenis olahraga yang memerlukan perlindungan, seperti tenis di dalam ruangan.

13. Pastikan mengenakan kacamata saat terpapar terik matahari.

14. Pakailah kacamata pelindung saat berenang di kolam yang berklorin atau di air yang tidak terjamin kebersihannya.

15. Hindari melihat langsung ke matahari, hal yang mungkin sangat ingin Anda lakukan di saat gerhana. Cahaya matahari yang sudah sangat redup sekali pun bisa menyebabkan kerusakan parah dan permanen. Tidak hanya cahaya matahari, hindari menatap langsung cahaya yang terang atau berkilau.

16. Jangan menggosok mata untuk mengeluarkan benda asing yang mungkin masuk. Cobalah mengedipkan mata dan cucilah mata Anda dengan air dingin. Semoga bermanfaat ya...
By : raja11

No comments:

Post a Comment